Dalam bahasa Arab, Jujur merupakan terjemahan dari kata shidiq yang artinya benar, dapat dipercaya. Dengan kata lain, jujur adalah perkataan dan perbuatan sesuai dengan kebenaran. Jujur merupakan induk dari sifat-sifat terpuji (mahmudah). Jujur juga disebut dengan benar, memberikan sesuatu yang benar atau sesuai dengan kenyataan. Jujur adalah mengatakan sesuatu apa adanya. Jujur lawannya dusta. Ada pula yang berpendapat bahwa jujur itu tengah-tengah antara menyembunyikan dan terus terang.
Keadilan adalah kata jadian dari kata “adil” yang terambil dari bahasa Arab عدل” ” Kamus-kamus bahasa Arab menginformasikan bahwa kata ini pada mulanya berarti “sama”.Persamaan tersebut sering dikaitkan dengan hal-hal yang bersifat imaterial. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, kata “adil” diartikan:
(1) tidak berat sebelah/tidak memihak,
(2) berpihak kepada kebenaran, dan
(3) sepatutnya/tidak sewenang-wenang.
Keadilan yang dibicarakan dan dituntut oleh Al-Quran amat beragam, tidak hanya pada proses penetapan hukum atau terhadap pihak yang berselisih, melainkan Al-Quran juga menuntut keadilan terhadap diri sendiri, baik ketika berucap, menulis, atau bersikap batin
2. Pembagian Sifat
Jujur
Imam al-Gazali membagi sifat jujur atau benar (shiddiq) sebagai berikut.
Arti dan Makna Kejujuran dalam Islam
Jujur dalam niat atau berkehendak maksudnya adalah tiada dorongan
bagi seseorang dalam segala tindakan dan gerakannya selain karena
dorongan dari Allah Swt.
Jujur dalam perkataan (lisan), yaitu sesuainya berita yang diterima
dengan berita yang disampaikan. Setiap orang harus bisa memelihara
perkataannya. Ia tidak berkata kecuali kata-kata yang jujur. Barangsiapa
yang menjaga lidahnya dengan selalu menyampaikan berita yang sesuai
dengan fakta yang sebenarnya, ia termasuk jujur jenis ini. Menepati
janji juga termasuk jujur jenis ini.
Jujur dalam perbuatan/amaliah, yaitu beramal dengan sungguh-sungguh
sehingga perbuatan akhirnya tidak menunjukkan sesuatu yang ada dalam
batinnya dan menjadi tabiat bagi dirinya.
Kejujuran merupakan pondasi utama atas tegaknya nilai-nilai kebenaran
karena jujur itu identik dengan kebenaran. Allah Swt. berfirman dala
al-Qur'an yang Artinya: “Wahai orang-orang yang beriman! Bertakwalah
kamu kepada Allah Swt. dan ucapkanlah perkataan yang benar.” (Q.S.
al-Ahzāb/33:70) Orang yang beriman perkataannya harus sesuai dengan
perbuatannya (jujur) karena sangat berdosa besar bagi orang-orang yang
tidak mampu menyesuaikan perkataannya dengan perbuatan, atau berbeda apa
yang di lidah dan apa yang diperbuat. Allah Swt. berfirman, “Wahai
orang-orang yang beriman! Mengapa kamu mengatakan sesuatu yang tidak
kamu kerjakan? (Itu) sangatlah dibenci di sisi Allah jika kamu
mengatakan apa-apa yang tidak kamu kerjakan.” (Q.S. ash-¤aff/61:2-3)
Sumber: http://kisahimuslim.blogspot.co.id/2014/09/arti-dan-makna-kejujuran-dalam-islam.html
Dalam sebuah hadits yang di riwayatkan oleh Imam Ahmad Rasulullah SAW bersabda:
Sumber: http://kisahimuslim.blogspot.co.id/2014/09/arti-dan-makna-kejujuran-dalam-islam.html
2. Pembagian Sifat
Jujur
Imam al-Gazali membagi sifat jujur atau benar (shiddiq) sebagai berikut.
Arti dan Makna Kejujuran dalam Islam
Jujur dalam niat atau berkehendak maksudnya adalah tiada dorongan
bagi seseorang dalam segala tindakan dan gerakannya selain karena
dorongan dari Allah Swt.
Jujur dalam perkataan (lisan), yaitu sesuainya berita yang diterima
dengan berita yang disampaikan. Setiap orang harus bisa memelihara
perkataannya. Ia tidak berkata kecuali kata-kata yang jujur. Barangsiapa
yang menjaga lidahnya dengan selalu menyampaikan berita yang sesuai
dengan fakta yang sebenarnya, ia termasuk jujur jenis ini. Menepati
janji juga termasuk jujur jenis ini.
Jujur dalam perbuatan/amaliah, yaitu beramal dengan sungguh-sungguh
sehingga perbuatan akhirnya tidak menunjukkan sesuatu yang ada dalam
batinnya dan menjadi tabiat bagi dirinya.
Kejujuran merupakan pondasi utama atas tegaknya nilai-nilai kebenaran
karena jujur itu identik dengan kebenaran. Allah Swt. berfirman dala
al-Qur'an yang Artinya: “Wahai orang-orang yang beriman! Bertakwalah
kamu kepada Allah Swt. dan ucapkanlah perkataan yang benar.” (Q.S.
al-Ahzāb/33:70) Orang yang beriman perkataannya harus sesuai dengan
perbuatannya (jujur) karena sangat berdosa besar bagi orang-orang yang
tidak mampu menyesuaikan perkataannya dengan perbuatan, atau berbeda apa
yang di lidah dan apa yang diperbuat. Allah Swt. berfirman, “Wahai
orang-orang yang beriman! Mengapa kamu mengatakan sesuatu yang tidak
kamu kerjakan? (Itu) sangatlah dibenci di sisi Allah jika kamu
mengatakan apa-apa yang tidak kamu kerjakan.” (Q.S. ash-¤aff/61:2-3)
Sumber: http://kisahimuslim.blogspot.co.id/2014/09/arti-dan-makna-kejujuran-dalam-islam.html
Sumber: http://kisahimuslim.blogspot.co.id/2014/09/arti-dan-makna-kejujuran-dalam-islam.html
حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ حَدَّثَنِى
أَبِى حَدَّثَنَا حَسَنُ بْنُ مُوسَى حَدَّثَنَا ابْنُ لَهِيعَةَ
حَدَّثَنَا أَبُو الأَسْوَدِ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ رَافِعٍ عَنْ أَبِى
هُرَيْرَةَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- قَالَ « لاَ
يَجْتَمِعُ الإِيمَانُ وَالْكُفْرُ فِى قَلْبِ امْرِئٍ وَلاَ يَجْتَمِعُ
الصِدْقُ وَالْكَذِبُ جَمِيعاً وَلاَ تَجْتَمِعُ الْخِيَانَةُ
وَالأَمَانَةُ جَمِيعاً »
Telah menceritakan kepadaku Abdullah telah menceritakan kepadaku Ayahku telah menceritakan kepadaku Hasan bin Musa telah menceritakan kepadaku Abu Aswad dari Abdullah bin Rafi’dari Abi Hurairah r.a. bahwasanya Rasulullah SAW bersabda: tidak bisa berkumpul dalam hati seseorang iman dan kufur dan tidak bisa berkumpul bersama-sama sifat jujur dan sifat bohong dan tidak bisa berkumpul bersama-sama safat khianat dan amanah.
Sebab-sebab manusia berbuat kejujuran
1. Mempunyai akal, karena dengan akal manusia bisa mengetahui manfaat dari kejujuran dan bahaya dari kebohongan, sehingga ia berbuat jujur.
2. Memiliki agama, karena agama memerintahkan pemeluknya untuk berkat jujur dan melarang berkata bohong.
3. Memiliki sifat muru’ah, orang yang memiliki sifat muru’ah tidak suka berkata bohong, tetapi ia lebih suka berkata jujur.
Allah SWT berfirman: Hai orang-orang yang beriman bertakwalah kepada Allah, dan hendaklah kamu bersama orang-orang yang benar.
Dalam ayat ini Allah menunjukkan kepada orang-orang yang beriman jalan menuju kebaikan dan menghindarkan mereka dari jalan kesesatan.
Imam Abu Ja’far menafsiri ayat ini sebagai berikut, bahwasanya Allah menyeru kepada orang-orang yang beriman kepada Allah dan rasulNya untuk bertakwa (mendekatnya diri kepadaNya dan menjauhi laranganNya). Hendaklah kamu semua didunia termasuk orang-orang yang taat kepada Allah dan di akhirat bersama orang-orang yang benar, yakni bersama-sama orang-orang yang membenarkan Allah dan beriman kepadaNya.
Dalam kitab shohih al-Bukhori, terdapat hadits yang menerangkan tentang kejujuran.
حَدَّثَنَا عُثْمَانُ بْنُ أَبِى شَيْبَةَ
حَدَّثَنَا جَرِيرٌ عَنْ مَنْصُورٍ عَنْ أَبِى وَائِلٍ عَنْ عَبْدِ
اللَّهِ - رضى الله عنه - عَنِ النَّبِىِّ - صلى الله عليه وسلم - قَالَ «
إِنَّ الصِّدْقَ يَهْدِى إِلَى الْبِرِّ ، وَإِنَّ الْبِرَّ يَهْدِى إِلَى
الْجَنَّةِ ، وَإِنَّ الرَّجُلَ لَيَصْدُقُ حَتَّى يَكُونَ صِدِّيقًا ،
وَإِنَّ الْكَذِبَ يَهْدِى إِلَى الْفُجُورِ ، وَإِنَّ الْفُجُورَ يَهْدِى
إِلَى النَّارِ ، وَإِنَّ الرَّجُلَ لَيَكْذِبُ ، حَتَّى يُكْتَبَ عِنْدَ
اللَّهِ كَذَّابًا »
Telah berkata kepadaku Usman bin Abi Syaibah, telah berkata kepadaku Jarir dari Mansur dari Abi Wail dari Abdillah r.a. Rasulullah SAW bersabda: “Sesungguhnya kejujuran (kebenaran) itu akan membawa kepada kebaikan, dan kebaikan itu akan membawa kesurga. Dan seseorang yang jujur itu akan ditulis (ditetapkan) disisi Allah sebagai seorang yang benar. Dan sesungguhnya berbohong akan membawa kepada dosa (kejahatan) dan dosa itu akan membawa pelakunnya ke neraka. Sesungguhnya seseorang yang berbohong akan ditetapkan disisi Allah sebagai pembohong.
Hadis diatas menjelaskan tentang kejujuran yang menunjukkan jalan kebaikan yaitu berbuat amal sholeh dengsn ikhlas dan jauh dari celaan manusia dan kebaikan itu menunjukkan jalan kesurga. Dan jika seseorang itu berbuat jujur pada setiap perkara dan sifat jujur itu telah melekat padanya maka ia tergolong orang-orang yang shiddiq dan ditetapkan pahalanya.
Imam ghazali menggambarkan adanya para nabi seperti Ibrahim, Ismail, dan Idris yang diterangkan dalam al-Qur’an sebagai orang-orang yang berkata benar. Orang yang beriman kepada Allah dan hari akhir tentunya akan mengamalkan sifat jujur tersebut, karena perbuatan jujur akan menunjukkan kepada kehidupan yang lebih baik, baik di dunia maupun di akhirat. Dan meninggalkan kebohongan yang akan menjerumuskannya ke perbuatan dosa dan neraka.
Peranan
Penting dalam Mengembangkan Nilai Kejujuran
Mengembangkan nilai kejujuran pada anak, orang tua sangat berperan penting.
Orang tua dan guru adalah orang yang paling dekat dan paling mempengaruhi
pertumbuhan anak.
Karena (tingginya) kedudukan perbuatan jujur di sisi Allah, juga dalam
pandangan Islam serta dalam pandangan orang-orang beradab dan juga karena
akibat-akibatnya yang baik, serta bahaya perbuatan bohong dan mendustakan
kebenaran; Diambil dari Al Qur’an, Sunnah Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa
sallam, sejarah beliau Shallallahu 'alaihi wa sallam, sejarah dan kenyataan
hidup orang-orang jujur dari kalangan shahabat Rasulullah. Dan hanya kepada
Allah, saya memohon agar menolong dan memberikan taufiq kepada saya dalam
menyampaikan nasihat dan penjelasan kepada kaum muslimin semampu saya. Dan saya
memohon kepada Allah, agar Ia menjadikan kita orang-orang jujur yang bertekad
memegang teguh kejujuran, serta menjadikan kita termasuk orang orang yang cinta
kebenaran, mengikutinya serta mengimaninya. Karena keagungan nilai dan
kedudukan perbuatan jujur di sisi Allah dan di sisi kaum muslimin, Allah
menyifatkan diriNya dengan kejujuran (benar-pent). Allah berfirman.
قُلْ صَدَقَ اللهُ فَاتَّبِعُوا مِلَّةَ إِبْرَاهِيمَ حَنِيفًا وَمَاكَانَ مِنَ الْمُشْرِكِينَ
"Katakanlah:"Benarlah (apa yang difirmankan) Allah." Maka
ikutilah agama Ibrahim yang lurus, dan bukanlah dia termasuk orang-orang yang
musyrik". [Ali Imran :95] Menurut
Kelly (2003/2005), orang tua harus mendorong dan mendukung anak untuk berkata
jujur, dan tidak meminta anak untuk berkata tidak jujur demi kepentingan orang
tua. Selain itu, orang tua juga tidak boleh memanggil anaknya dengan sebutan
pembohong karena akan membuat anak bertumbuh menjadi pembohong.
anak, tetapi
orang tua menasehati anak bahwa kebohongan itu tidak baik.
Hubungan
Kejujuran dengan Kepercayaan
Kejujuran
sangat berkaitan dengan kepercayaan. Dalam hubungan apapun, kejujuran dan
kepercayaan sulit bahkan tidak bisa dipisahkan. Sebuah kejujuran dapat
menimbulkan rasa kepercayaan, demikian pula kepercayaan biasanya lahir dari
adanya kejujuran. Oleh karena itu, hendaknya para orang tua sudah menanamkan
nilai kejujuran pada anak sejak usia dini untuk menciptakan hubungan keluarga
yang harmonis dan membuat anak bertumbuh menjadi pribadi yang bertanggung
jawab.
Dalam bahasa Arab, kata
jujur sama maknanya dengan “ash-shidqu” atau “shiddiq” yang berarti
nyata, benar, atau berkata benar. Lawan kata ini adalah dusta, atau
dalam bahasa Arab ”al-kadzibu”. Secara istilah, jujur atau ash-shidqu
bermakna:
(1) kesesuaian antara ucapan dan perbuatan;
(2) kesesuaian antara informasi dan kenyataan;
(3) ketegasan dan kemantapan hati; dan
(4) sesuatu yang baik yang tidak dicampuri dengan kedustaan.
Dalam bahasa Indonesia, jujur merupakan kata dasar dari kejujuran,
menurut jenis katanya, jujur merupakan kata sifat sedangkan kejujuran
merupakan kata benda. Menurut KBBI, kata "jujur" berarti lurus hati;
tidak berbohong (misal dengan berkata apa adanya); 2 tidak curang (misal
dalam permainan, dng mengikuti aturan yg berlaku): mereka itulah
orang-orang yg jujur dan disegani; 3 tulus; ikhlas;
Sedangkan "kejujuran" berarti sifat (keadaan) jujur; ketulusan (hati);
kelurusan (hati): ia meragukan kejujuran anak muda itu.
Sumber: http://kisahimuslim.blogspot.co.id/2014/09/arti-dan-makna-kejujuran-dalam-islam.html
Sumber: http://kisahimuslim.blogspot.co.id/2014/09/arti-dan-makna-kejujuran-dalam-islam.html
Dalam bahasa Arab, kata
jujur sama maknanya dengan “ash-shidqu” atau “shiddiq” yang berarti
nyata, benar, atau berkata benar. Lawan kata ini adalah dusta, atau
dalam bahasa Arab ”al-kadzibu”. Secara istilah, jujur atau ash-shidqu
bermakna:
(1) kesesuaian antara ucapan dan perbuatan;
(2) kesesuaian antara informasi dan kenyataan;
(3) ketegasan dan kemantapan hati; dan
(4) sesuatu yang baik yang tidak dicampuri dengan kedustaan.
Dalam bahasa Indonesia, jujur merupakan kata dasar dari kejujuran,
menurut jenis katanya, jujur merupakan kata sifat sedangkan kejujuran
merupakan kata benda. Menurut KBBI, kata "jujur" berarti lurus hati;
tidak berbohong (misal dengan berkata apa adanya); 2 tidak curang (misal
dalam permainan, dng mengikuti aturan yg berlaku): mereka itulah
orang-orang yg jujur dan disegani; 3 tulus; ikhlas;
Sedangkan "kejujuran" berarti sifat (keadaan) jujur; ketulusan (hati);
kelurusan (hati): ia meragukan kejujuran anak muda itu.
Sumber: http://kisahimuslim.blogspot.co.id/2014/09/arti-dan-makna-kejujuran-dalam-islam.html
Sumber: http://kisahimuslim.blogspot.co.id/2014/09/arti-dan-makna-kejujuran-dalam-islam.html
Dalam bahasa Arab, kata
jujur sama maknanya dengan “ash-shidqu” atau “shiddiq” yang berarti
nyata, benar, atau berkata benar. Lawan kata ini adalah dusta, atau
dalam bahasa Arab ”al-kadzibu”. Secara istilah, jujur atau ash-shidqu
bermakna:
(1) kesesuaian antara ucapan dan perbuatan;
(2) kesesuaian antara informasi dan kenyataan;
(3) ketegasan dan kemantapan hati; dan
(4) sesuatu yang baik yang tidak dicampuri dengan kedustaan.
Sumber: http://kisahimuslim.blogspot.co.id/2014/09/arti-dan-makna-kejujuran-dalam-islam.html Dalam bahasa Arab, Jujur merupakan terjemahan dari kata shidiq yang artinya benar, dapat dipercaya. Dengan kata lain, jujur adalah perkataan dan perbuatan sesuai dengan kebenaran. Jujur merupakan induk dari sifat-sifat terpuji (mahmudah). Jujur juga disebut dengan benar, memberikan sesuatu yang benar atau sesuai dengan kenyataan[1]. Jujur adalah mengatakan sesuatu apa adanya. Jujur lawannya dusta. Ada pula yang berpendapat bahwa jujur itu tengah-tengah antara menyembunyikan dan terus terang.[2]
Keadilan adalah kata jadian dari kata “adil” yang terambil dari bahasa Arab عدل” ” Kamus-kamus bahasa Arab menginformasikan bahwa kata ini pada mulanya berarti “sama”.Persamaan tersebut sering dikaitkan dengan hal-hal yang bersifat imaterial. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, kata “adil” diartikan: (1) tidak berat sebelah/tidak memihak, (2) berpihak kepada kebenaran, dan (3) sepatutnya/tidak sewenang-wenang.[3]
Keadilan yang dibicarakan dan dituntut oleh Al-Quran amat beragam, tidak hanya pada proses penetapan hukum atau terhadap pihak yang berselisih, melainkan Al-Quran juga menuntut keadilan terhadap diri sendiri, baik ketika berucap, menulis, atau bersikap batin.[4]Al An’am 152:
Sumber: http://kisahimuslim.blogspot.co.id/2014/09/arti-dan-makna-kejujuran-dalam-islam.html Dalam bahasa Arab, Jujur merupakan terjemahan dari kata shidiq yang artinya benar, dapat dipercaya. Dengan kata lain, jujur adalah perkataan dan perbuatan sesuai dengan kebenaran. Jujur merupakan induk dari sifat-sifat terpuji (mahmudah). Jujur juga disebut dengan benar, memberikan sesuatu yang benar atau sesuai dengan kenyataan[1]. Jujur adalah mengatakan sesuatu apa adanya. Jujur lawannya dusta. Ada pula yang berpendapat bahwa jujur itu tengah-tengah antara menyembunyikan dan terus terang.[2]
Keadilan adalah kata jadian dari kata “adil” yang terambil dari bahasa Arab عدل” ” Kamus-kamus bahasa Arab menginformasikan bahwa kata ini pada mulanya berarti “sama”.Persamaan tersebut sering dikaitkan dengan hal-hal yang bersifat imaterial. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, kata “adil” diartikan: (1) tidak berat sebelah/tidak memihak, (2) berpihak kepada kebenaran, dan (3) sepatutnya/tidak sewenang-wenang.[3]
Keadilan yang dibicarakan dan dituntut oleh Al-Quran amat beragam, tidak hanya pada proses penetapan hukum atau terhadap pihak yang berselisih, melainkan Al-Quran juga menuntut keadilan terhadap diri sendiri, baik ketika berucap, menulis, atau bersikap batin.[4]Al An’am 152:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar